Rabu, 17 Desember 2014

Tutorial metabolisme sel

KARBOHIDRAT
Karbohidrat adalah polihidroksi aldehida dan polihidroksi keton atau turunan mereka.
Karbohidrat, biasa disebut dengan gula, berperan penting dalam molekul-molekul biologis, seperti asam nukleat (DNA dan RNA), dan dalam bentuk-bentuk polimer, seperti selulosa (dinding sel) dan glikogen (glukosa tersimpan dalam hati).
KLASIFIKASI KARBOHIDRAT
a)      MONOSAKARIDA
Karbohidrat paling sederhana, bila mempunyai gugus aldehid, disebut aldosa, bila mempunyai gugus keton, disebut ketosa/ulosa. Setiap monosakarida mempunyai jumlah atom karbon tertentu yang dikandungnya (misal:  triosa (3C), tetrosa (4C), pentosa (5C), heksosa (6C). Dalam makanan kita, umumnya heksosa (glukosa dan fruktosa).
b)      DISAKARIDA
                                i.            Sukrosa : gabungan glukosa dan fruktosa
                              ii.            Laktosa  : gabungan glukosa dan galaktosa
Dikenal sebagai gula susu.
                            iii.            Maltosa  : gabungan glukosa dan glukosa
Adalah hasil penguraian pati oleh enzim α-1,4-glukan 4-glukanohidrolase yang terdapat dalam air liur.  
                            iv.            Isomaltosa : gabungan glukosa dan glukosa
                              v.            Sellobiosa: gabungan glukosa dan glukosa
c)      OLIGOSAKARIDA
d)     POLISAKARIDA
Senyawa yang molekulnya mengandung banyak satuan monosakarida yang dipersatukan dengan ikatan glukosida. Contohnya : selulosa, pati, kitin. Hidrolisis lengkap akan mengubah suatu polisakarida menjadi monosakarida.




LEMAK
Lemak adalah golongan senyawa organik yang sangat heterogen strukturnya. Mengandung unsur C, H, O, kadang-kadang nitrogen  dan fosfor. Lemak diisolasi dari sel dan larut dalam pelarut organik nonpolar (kloroform, dietileter). Nilai kalorinya 9cal/gram. Struktur dan fungsinya bervariasi, misalnya: asam lemak, triasilgliserol, terpena, fosfolipid, prostaglandin, lilin, dan lain-lain. Melarutkan vitamin A, D, E, K. Mengandung asam lemak esensial  (asam linolenat dan linoleat). Asam arakhidonat disintesis dari asam linoleat. Berperan pada metabolisme tumbuhan dan binatang, menjaga gangguan mekanik, mempertahankan suhu optimum tubuh.

 









PROTEIN
PROTEIN merupakan suatu makromolekul, juga disebut POLIAMIDA, bila  dihidrolisis menghasilkan ASAM-ASAM AMINO,dalam tubuh hidrolisis dimulai pada lambung dengan bantuan enzim pepsin.
FUNNGSI PROTEIN :
ü  Pembentuk struktur sel berbagai jaringan
ü  Pemelihara/pengganti sel-sel yang ada/rusak
ü  Enzim (katalisator proses biokimia sel)
ü  Sebagai hormon, mengatur fungsi berbagai organ tubuh
ü  Sebagai antibodi (juga disebut imunoglobulin)
ü  Sebagai gen : pembawa sifat pada kromosom
ü  Alat transportasi
Asam amino merupakan hasil hidrolisis dari protein, ada yang dapat disintesis dalam tubuh ( non essensial ), tetapi ada juga yang tidak dapat, jadi harus diperoleh dari luar (asam amino essensial).

ASAM AMINO ESSENSIAL
ü  Isoleusin
ü  Leusina
ü  Treonina
ü  Lisina
ü  Metionina
ü  Fenilalanina
ü  Triptofan
ü  valina
ASAM AMINO NONESSENSIAL
ü  Alanina
ü  Arginina
ü  Asparagina
ü  Asam aspartat
ü  Sisteina
ü  Asam glutamat
ü  Histidina
ü  Glutamina
ü  Glisina
ü  Prolina
ü  Serina
ü  Tirosina
Protein lengkap yaitu mengandung semua asam amino essensial ( telur, susu, ginjal, hati ). Sedangkan protein tidak lengkap seperti jagung ( protein utamanya Zein, kurang lisina & triptofan ), gandum ( kurang lisina ) dan gelatin ( kurang triptofan ).


 >>

Perkembangan normal pada anak usia 9 tahun


1. Perkembangan Fisik
Pertumbuhan fisik pada masa ini lambat dan relatif seimbang. Peningkatan berat badan anak lebih banyak dari pada panjang badannya. Peningkatan berat badan anak terjadi terutama karena bertambahnya ukuran sistem rangka, otot dan ukuran beberapa organ tubuh lainnya.
2. Perkembangan Motorik
Perkembangan motorik pada usia ini menjadi lebih halus dan lebih terkoordinasi dibandingkan dengan masa bayi. Anak – anak terlihat lebih cepat dalam berlari dan pandai meloncat serta mampu menjaga keseimbangan badannya. Untuk memperhalus ketrampilan – ketrampilan motorik, anak – anak terus melakukan berbagai aktivitas fisik yang terkadang bersifat informal dalam bentuk permainan. Disamping itu, anak – anak juga melibatkan diri dalam aktivitas permainan olahraga yang bersifat formal, seperti senam, berenang, dll.
Beberapa perkembangan motorik (kasar  maupun halus) selama periode ini, antara lain :
*      Kecepatan dan kehalusan aktivitas motorik meningkat
*      Mampu menggunakan peralatan rumah tangga
*      Ketrampilan lebih individual
*      Ingin terlibat dalam sesuatu
*      Menyukai kelompok dan mode
*      Mencari teman secara aktif.
3. Perkembangan Kognitif
Dalam keadaan normal, pada periode ini pikiran anak berkembang secara berangsur – angsur. Jika pada periode sebelumnya, daya pikir anak masih bersifat imajinatif dan egosentris, maka pada periode ini daya pikir anak sudah berkembang ke arah yang lebih konkrit, rasional dan objektif. Daya ingatnya menjadi sangat kuat, sehingga anak benar-benar berada pada stadium belajar.
Menurut teori Piaget, pemikiran anak – anak  usia sekolah dasar disebut pemikiran Operasional Konkrit (Concret Operational Thought), artinya aktivitas mental yang difokuskan pada objek – objek  peristiwa nyata atau konkrit. Dalam upaya memahami alam sekitarnya, mereka tidak lagi terlalu mengandalkan informasi yang bersumber dari pancaindera, karena ia mulai mempunyai kemampuan untuk membedakan apa yang tampak oleh mata dengan kenyataan sesungguhnya. Dalam masa ini, anak telah mengembangkan 3 macam proses yang disebut dengan operasi – operasi, yaitu :
a). Negasi (Negation), yaitu pada masa konkrit operasional, anak memahami hubungan-hubungan antara benda atau keadaan yag satu dengan benda atau keadaan yang lain.
b). Hubungan Timbal Balik (Resiprok), yaitu anak telah mengetahui hubungan sebab-akibat dalam suatu keadaan.
c). Identitas, yaitu anak sudah mampu mengenal satu persatu deretan benda-benda yang ada.
Operasi yang terjadi dalam diri anak memungkinkan pula untuk mengetahui suatu perbuatan tanpa melihat bahwa perbuatan tersebut ditunjukkan. Jadi, pada tahap ini anak telah memiliki struktur kognitif yang memungkinkanya dapat berfikir untuk melakukan suatu tindakan, tanpa ia sendiri bertindak secara nyata.
a. Perkembangan Memori
Selama periode ini, memori jangka pendek anak telah berkembang dengan baik. Akan tetapi, memori jangka panjang tidak terjadi banyak peningkatan dengan disertai adanya keterbatasan – keterbatasan. Untuk mengurangi keterbatasan tersebut, anak berusaha menggunakan strategi memori (memory strategy), yaitu merupakan perilaku disengaja yang digunakan untuk meningkatkan memori. Matlin (1994) menyebutkan 4 macam strategi memori yang penting, yaitu :
Rehearsal (Pengulangan) : Suatu strategi meningkatkan memori dengan cara mengulang berkali-kali informasi yang telah disampaikan.
Organization (Organisasi) : Pengelompokan dan pengkategorian sesuatu yang digunakan untuk meningkatkan memori. Seperti, anak SD sering mengingat nama-nama teman sekelasnya menurut susunan dimana mereka duduk dalam satu kelas.
Imagery (Perbandingan) : Membandingkan sesuatu dengan tipe dari karakteristik pembayangan dari seseorang.
Retrieval (Pemunculan Kembali) : Proses mengeluarkan atau mengangkat informasi dari tempat penyimpanan. Ketika suatu isyarat yang mungkin dapat membantu memunculkan kembali sebuah meori, mereka akan menggunakannya secara spontan.
Selain strategi-strategi memori diatas, terdapat hal lain yang mempengaruhi memori anak, seperti tingkat usia, sifat anak (termasuk sikap, kesehatan dan motivasi), serta pengetahuan yang diperoleh anak sebelumnya.
b. Perkembangan Pemikiran Kritis
Perkembangan Pemikiran Kritis yaitu pemahaman atau refleksi terhadap permasalahan secara mendalam, mempertahankan pikiran agar tetap terbuka, tidak mempercayai begitu saja informasi-informasi yang datang dari berbagai sumber serta mampu befikir secara reflektif dan evaluatif.
c. Perkembangan Kreativitas
Dalam tahap ini, anak-anak mempunyai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Perkembangan ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama lingkungan sekolah.
d. Perkembangan Bahasa
Selama masa anak-anak awal, perkembangan bahasa terus berlanjut. Perbendaharaan kosa kata dan cara menggunakan kalimat bertambah kompleks. Perkembangan ini terlihat dalam cara berfikir tentang kata-kata, struktur kalimat dan secara bertahap anak akan mulai menggunakan kalimat yang lebih singkat dan padat, serta dapat menerapkan berbagai aturan tata bahasa secara tepat.
4. Perkembangan Psikosial
Pada tahap ini, anak dapat menghadapi dan menyelesaikan tugas atau perbuatan  yang dapat membuahkan hasil, sehingga dunia psikosial anak menjadi semakin kompleks. Anak sudah siap untuk meninggalkan rumah dan orang tuanya dalam waktu terbatas, yaitu pada saat anak berada di sekolah. Melalui proses pendidikan ini, anak belajar untuk bersaing (kompetitif), kooperatif dengan orang lain, saling memberi dan menerima, setia kawan dan belajar peraturan – peraturan yang berlaku. Dalam hal ini proses sosialisasi banyak terpengaruh oleh guru dan teman sebaya. Identifikasi bukan lagi terhadap orang tua, melainkan terhadap guru. Selain itu, anak tidak lagi bersifat egosentris, ia telah mempunyai jiwa kompetitif sehingga dapat memilah apa yang baik bagi dirinya, mampu memecahkan masalahnya sendiri dan mulai melakukan identifikasi terhadap tokoh tertentu yang menarik perhatiannya.
a. Perkembangan Pemahaman Diri
Pada tahap ini, pemahaman diri atau konsep diri anak mengalami perubahan yang sangat pesat. Ia lebih memahami dirinya melalui karakteristik internal daripada melalui karakteristik eksternal.
b. Perkembangan Hubungan dengan Keluarga
Dalam hal ini, orang tua merasakan pengontrolan dirinya terhadap tingkah laku anak mereka berkurang dari waktu ke waktu dibandingkan dengan periode sebelumnya, karena rata-rata anak menghabiskan waktunya di sekolah. Interaksi guru dan teman sebaya di sekolah memberikan suatu peluang yang besar bagi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan ketrampilan sosial.
c. Perkembangan Hubungan dengan Teman Sebaya
Berinteraksi dengan teman sebaya merupakan aktivitas yang banyak menyita waktu. Umumnya mereka meluangkan waktu lebih dari 40% untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan terkadang terdapat duatu grup/kelompok. Anak idak lagi puas bermain sendirian dirumah. Hal ini karena anak mempunyai kenginan kuat untuk diterima sebagai anggota kelompok
2.      Etiologi retardasi mental
Retardasi mental merupakan keadaan perkembangan jiwa yang terhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh terjadinya hendaya keterampilan selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada tingkat kecerdasan secara menyeluruh, misalnya kemampuan kognitif, bahasa, motorik dan sosial (Maslim,1998).
Adanya disfungsi otak merupakan dasar dari retardasi mental. Untuk mengetahui adanya retardasi mental perlu anamnesis yang baik, pemeriksaan fisik dan laboratorium. Penyebab dari retardasi mental sangat kompleks dan multifaktorial. Walaupun begitu terdapat beberapa factor yang potensial berperanan dalam terjadinya retardasi mental seperti yang dinyatakan oleh Taft LT (1983) dan Shonkoff JP (1992) dibawah ini.
Faktor-Faktor Yang Potensial Sebagai Penyebab Retardasi Mental
1.      Non-Organik
*      Kemiskinan dan keluarganya yang tidak harmonis
*      Factor sosio cultural
*      Interaksi anak-pengasuh yang tidak baik
*      Penelantaran anak
2.      Oraganik
*      Faktor prakonsepsi
a.       Abnormalitas single gene ( penyakit –penyakit metabolik, kelainan neurokutaneus, dll )
b.      Kelainan kromosom ( X-linked, translokasi, fragile-X), sindrom polygenic familial.
*      Factor prenatal
a.       Gangguan pertumbuhan otak trimester I
v  Kelainan kromosom ( trisomi, mosaik, dll)
v  Infeksi intrauterine, misalnya TORCH, HIV
v  Zat-zat teratogen ( alcohol, radiasi, dll )
v  Disfungsi plasenta
v  Kelainan congenital dari otak (idiopatik)
b.      Gangguan pertumbuhan otak trimester II dan III
v  Infeksi intrauterine, misalnya TORCH, HIV
v  Zat- zat teratogen ( alcohol, kokain, logam berat, dll )
v  Ibu : diabetes mellitus, PKU ( phenilketonuria )
v  Toksemia gravidarum
v  Disfungsi plasenta
v  Ibu malnutrisi
*      Factor perinatal
a.       Sangat premature
b.      Asfiksia neonatorum
c.       Truma lahir : perdarahan intracranial
d.      Meningitis
e.       Kelainan metabolic : hipoglikemik, hiperbilirubinemia
*      Factor post natal
a.       Trauma berat pada kepala/susunan saraf pusat
b.      Neurotoksin, misalnya logam berat
c.       CVA ( Cerebrovaskuler accident )
d.      Anoksia, misalnya tenggelam
e.       Metabolic
v  Gizi buruk
v  Kelainan hormonal, misalnya hipotiroid, pseudohipotiroid
v  Amino aciduria, misalnya PKU
v  Kelainan metabolisme karbohidrat, galaktosemia dll
v  Polisakaridosis, misalnya sindrom Hurler
v  Cerebral lipidosis ( Tay Sachs ), dengan hepatomegali ( Gaucher )
v  Penyakit degeneratif/ metabolic lainnya.
f.        Infeksi
v  Meningitis, ensefalitis, dll.
v  Subakut sklerosing panasefalitis
Kebanyakan anak yang menderita retardasi mental ini berasal dari golongan social ekonomi rendah akibat kurangnya stimulasi dari lingkungannya sehingga secara bertahap menurunkan IQ yang bersamaan dengan terjadinya maturasi. Demikian pula dengan keadaan social ekonomi yang rendah dapat sebagai penyebab organic dari retardasi mental, misalnya keracunan logam berat yang subklinik dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi kemampuan kognitif, ternyata lebih banyak pada anak-anak dikota dari golongan social ekonomi rendah. Demikian pula dengan kurang gizi, baik pada ibu hamil maupun pada anaknya setelah lahir dapat mempengaruhi pertumbuhan otak anak.



 >>