Senin, 28 Maret 2011

Ciri-ciri tumbuh kembang anak

 

 Tumbuh kembang anak yang sudah dimulai sejak konsepsi sampai dewasa itu mempunyai ciri-ciri tersendiri, yaitu:
  1. Tumbuh kembang adalah proses yang kontinu sejak dari konsepsi sampai maturitas/dewasa, yang dipengaruhi oleh factor bawaan dan lingkungan. Ini berarti bahwa tumbuh kembang sudah terjadi sejak di dalam kandungan dan setelah kelahiran merupakan suatu masa dimana mulai saat itu tumbuh kembang anak dapat dengan mudah diamati.
  2. Dalam periode tertentu terdapat adanya masa percepatan atau masa perlambatan, serta laju tumbuh kembang yang berlainan diantara organ-organ. 
  3. Terdapat 3 periode pertumbuhan cepat adalah pada masa janin, masa bayi 0 – 1 tahun, dan masa pubertas. Sedangkan pertumbuhan organ-organ tubuh mengikuti 4 pola, yaitu pola umum, limfoid, neural, dan reproduksi.
  4. Pola perkembangan anak adalah sama pada semua anak, tetapi kecepatannya berbeda antara anak satu dengan lainnya. Contoh, anak akan belajar duduk sebelum belajar berjalan, tetapi umur saat anak belajar duduk/berjalan berbeda antara anak satu dengan lainnya.
  5. Perkembangan erat hubungannya dengan maturisasi sistem susunan saraf. Contoh, tidak ada latihan yang dapat menyebabkan anak dapat berjalan sampai sistem saraf siap untuk itu, tetapi tidak adanya kesempatan praktik akan menghambat kemampuan ini.
  6. Aktivitas seluruh tubuh diganti respons individu yang khas. Contoh, bayi akan menggerakkan seluruh tubuhnya, tangan, dan kakinya kalau melihat sesuatu yang menarik, tetapi pada anak yang lebih besar reaksinya hanya tertawa atau meraih benda tersebut.
  7. Arah perkembangan anak adalah sefalokaudal. Langkah pertama sebelum berjalan adalah perkembangan menegakkan kepala.
  8. Refleks primitif seperti refleks memegang dan berjalan akan menghilang sebelum gerakan volunter tercapai. 

 Ciri tumbuh kembang anak



Setiap anak adalah individu yang unik, karena faktor bawaan dan lingkungan yang berbeda, maka pertumbuhan dan pencapaian kemampuan perkembangannya juga berbeda, tetapi tetap akan menuruti patokan umum. Sehingga diperlukan kriteria sampai seberapa jauh keunikan seorang anak tersebut, apakah masih dalam batas-batas normal atau tidak. Dikenal normal dalam arti medis dan normal dalam arti statistik. Yang dimaksud normal dalam arti medis yaitu apabila pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun intelek dan kepribadian berlangsung harmonis yang meningkat dan dapat diramalkan kecepatan serta hasil akhirnya, sesuai dengan kemampuan genetik/bawaannya. Sedangkan yang dimaksud normal dalam arti statistik adalah apabila anak tersebut berada dalam batas 2 SD dibawah atau diatas mean kurva sebaran normal menurut Gauss, dimana seorang anak dibandingkan dengan anak sebayanya. Jadi mungkin saja seorang anak termasuk abnormal dalam arti statistik tetapi sesungguhnya masih normal dalam arti medis, misalnya anak dari keluarga yang bertubuh kecil.

Ciri pertumbuhan anak:
1. Perubahan ukuran, misal perubahan ukuran lingkar kepala.
2. Perubahan proporsi, misal pengecilan kepala.
3. Hilangnya ciri2 lama, misal hilangnya tonsil dan refleks-refleks primitif.
4. Timbulnya ciri-ciri baru, misal gigi susu menjadi gigi permanen.


Pertumbuhan fisik pada anak :

1.      Pertumbuhan janin intrauterin
Pada masa embrio yaitu 8 minggu pertama kehamilan, sel telur yang telah dibuahi  berdiferensiasi secara cepat menjadi organisme yang mempunyai bentuk anatomis seperti manusia.pada sistem-sistem tertentu organogenesis diteruskan sampai lebih dari 8 minggu.
Mortalitas pada masa embrio ini tinggi, yang disebabkan oleh abnormalitas dari gen/kromosom dan gangguan kesehatan ibu.makin tua umur ibu merupakan predisposisi kelainan kromosom.sedangkan infeksi pada ibu yang terutama disebabkan oleh TORCH yang terjadi pada trimester 1 kehamilan sering menyebabkan kelainan bawaan.
Pada masa janin yaitu pada kehamilan 9-40 minggu pertumbuhan berjalan cepat dan mulai berfungsinya organ-organ.mortalitas pada masa janin terejadi akibat gangguan oksigenasi, infeksi, trauma, radiasi, bahan kimia, gizi ibu, dan imunitas.
Pada janin umur 8 minggu beratnya hanya 1 gram dengan panjangnya 2,5 cm. pada 12 minggu beratnya 14 gram dan panjangnya 7,5 cm.jenis kelamin bias dikenali pada akhir trimester 1.pada kehamilan 16 minggu berat janin 100 gram dan panjangnya 17.pada umur kehamilan 20 minggu berat janin 500 gram,28 minggu 1000 gram dan panjangnya 35 cm,8 bulan 1500 gram,dan 9 bulan/pada waktu dilahirkan rata-rata berat bayi 3200 gram,panjang badan 50 cm,dan lingkar kepala 34 cm.pertumbuhan janin yang pesat  pada trimester 111 kehamilan ini adalah sebagai akibat dari bertambahnya jaringan lemak subkutan dan masa otot.

2.      Pertumbuhan setelah lahir
a.      Berat badan
Kenaikan berat badan anak pada tahun pertama kehidupan, kalau anak mendapat gizi  yang baik, adalah berkisar  antara :

            700-1000 gram/bulan pada triwulan  1
             500-600  gram/bulan pada triwulan  2
350-450  gram/bulan pada triwulan  3
250-350  gram/bulan pada triwulan  4

Dapat pula digunakan rumus yang dikutip dari Behrman, 1992 untuk memperkirakan  berat badan anak adalah sebagai berikut :

Perkiraan berat badan dalam kilogram
1. Lahir         :           3,25 kg
2. 3-12 bulan :           Umur (bulan)+9
                             2
             3. 1-6 tahun   :           Umur (tahun)x2+8
             4. 6-12 tahun :           Umur (tahun)x7-5
                             2

b.      Tinggi badan
Tinggi badan rata-rata pada waktu lahir adalah 50 cm. Secara garis besar, tinggi badan anak dapat diperkirakan ,sebagai berikut :

1 tahun : 1,5 x TB lahir
4 tahun : 2 x TB lahir
6 tahun : 1,5 x TB setahun
13 tahun : 3 x TB lahir
Dewasa : 3,5 x TB lahir (2 x TB 2 tahun)

Atau digunakan rumus seperti yang dikutip dari Berhman,1992 sebagai berikut :
Perkiraan tinggi badan  dalam sentimeter
a. Lahir         :           50 cm
b. Umur 1 tahun :    75 cm
c. 2-12 tahun :           umur(tahun) x 6 + 77

Rumus prediksi tinggi akhir anak sesuai dengan potensi genetik berdasarkan data tinggi badan orang tua dengan asumsi  bahwa semuanya tumbuh optimal sesuai dengan potensinya , adalah sebagai berikut :
TB anak perempuan = (TB ayah – 13 cm) + TB ibu ±  8,5 cm
                                                                         2

TB anak laki-laki  = (TB ibu + 13 cm) + TB ayah ±  8,5 cm
                                                       2

c. Kepala
    Lingkar kepala pada waktu lahir rata-rata 34 cm dan besarnya lingkar kepala ini lebih besar dari lingkar dada. Pada anak umur 6 bulan lingkar kepala rata-ratanya adalah 44 cm, umur 1 tahun 47 cm, 2 tahun 49 cm, dan dewasa 54 cm.
 
d. Gigi
    Gigi pertama tumbuh pada umur 5-9 bulan, pada umur 1 tahun sebagian besar anak mempunyai 6-8 gigi susu. Selama tahun kedua gigi tumbuh lagi 8 biji, sehingga jumlah seluruhnya 14-16 gigi. Dan pada umur 2 1/2 tahun sudah terdapat 20 gigi susu.

e. Jaringan Lemak
   Pertambahan jumlah sel lemak meningkat pada trimestre III kehamilan sampai pertengahan masa bayi. Pertumbuhan jeringan lemak melambat sampai anak berumur 6 tahun, anak kelihatan kurus/langsing. Jeringan lemak bertambah lagi pada anak perempuan umur 8 tahun dan pada anak laki-laki umur 10 tahun sampai menjelang awal pubertas.

>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar